Perkembangan teknologi yang cepat memaksa proses pembelajaran pun harus beradaptasi jika tidak ingin ditinggalkan oleh peserta didik. Salah satu portal yang bisa digunakan untuk mengakses sumber informasi mata pelajaran adalah "Portal Rumah Belajar". Portal Rumah Belajar dengan 4 (empat) fitur utama yaitu Sumber Belajar, Kelas Maya, Laboratorium Maya, dan Bank Soal sangat memudahkan guru dan peserta didik dalam mengakses sumber informasi sebagai bahan belajar. Fitur pendukung dari Portal Rumah Belajar adalah Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik, Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Blog Pena, Edu Game, dan Augmented Reality. Fitur yang digunakan dalam pembelajaran yang saya laksanakan adal fitur Sumber Belajar.
Model pembelajaran Discovery Inquiry Learning adalah model pembelajaran berbasis pemecahan masalah dari pertanyaan yang mereka identifikasi. Model ini menuntut peserta didik untuk berfikir kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Proses berpikir ini biasanya dilakukan dengan kegiatan tanya jawab atau dialog dua arah antara guru dan peserta didik. Secara eksplisit materi pembelajaran tidak diberikan secara langsung tetapi peserta didik mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran, sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing dalam kegiatan belajar.
Sintaks Model Pembelajaran Discovery Inquiry Learning:
1. Stimulasi (Stimulation) yaitu menayangkan konten pembelajaran misalkan video untuk memberikan rangsangan pertanyaan peserta didik.
2. Identifikasi Masalah (Problem statement) yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi berbagai persoalan yang ada dalam konten materi tersebut.
3. Mengumpulkan informasi/data (Data collection) yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menggali lebih luas persoalan yang telah dibuat berdasarkan pemahaman dari konten tersebut, melalui pengumpulan berbagai informasi yang relevan dengan cara membaca literatur baik secara online maupun offline, mengamati obyek, wawancara dengan nara sumber atau melakukan uji coba sendiri dan lain-lain oleh peserta didik,
4. Pengolahan informasi/data (Data prossesing) yaitu peserta didik secara kelompok ataupun mandiri melakukan pengolahan, pengacakan, pengklasifikasian, bahkan penghitungan data pada tingkat kepercayaan tertentu,
5. Verifikasi hasil (Verification) yaitu pendidik mengarahkan peserta didik untuk melakukan pembuktian dari hipotesis atau pernyataan yang telah dirumuskan berdasarkan hasil pengolahan informasi yang telah ada.
6. Generalisasi (Generalization) yaitu peserta didik menarik kesimpulan atau generalisasi tertentu berdasarkan hasil verifikasi dan masukan dari pendidik dan peserta didik lainnya
Berikut video Praktik Baik saya terait Model pembelajaran Discovery Inqury Leraning,
0 Komentar